5 Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Selama 14 Hari

Info-anda.com – Taukah Anda air kelapa mengandung elektrolit alami sebagai sumber potasium guna menjaga fungsi otot?

Air kelapa memiliki struktur yang hampir mirip dengan plasma darah, yakni mengandung nutrisi yang larut dalam darah.

Sejarah juga bercerita bahwa air kelapa sering digunakan sebagai pengganti plasma darah para korban perang. Air kelapa mengandung banyak nutrisi, antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C, serta mineral seperti zat besi, kalsium, potassium, magnesium, mangan dan bahkan seng. Berikut 5 manfaat kesehatan dari air kelapa:

 

1. Menyeimbangkan tingkat pH

Nilai pH adalah ukuran asam atau basanya berkisar antara 0 sampai 14. Kisaran 0 sampai 7 dinamakan asam, 7 bersifat netral dan 7 sampai 14 bersifat basa. Darah bersifat basa, dan sangat berbahaya bahkan fatal bila menjadi asam.

 

2. Mencegah Diabetes

Air kelapa bersifat steril dan sangat aman dikonsumsi. Penting untuk diingat bahwa seseorang perlu mengkonsumsi air kelapa hijau. Bukan daging kelapa yang tinggi gula dan lemak.

 

 

3. Meningkatkan Energi

Air kelapa berfungsi sebagai pengatur cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi. Ia juga meningkatkan metabolisme untuk membantu penurunan berat badan, dan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Selain itu, air kelapa bermanfaat menjaga kulit agar terlihat awet muda dan sehat, menyingkirkan racun dalam tubuh, serta membantu kesehatan kardiovaskular.

 

4. Meningkatkan Hidrasi (menstabilkan ion-ion)

Air kelapa rendah karbohidrat dan sodium mungkin tidak begitu sesuai dengan kebutuhan atlet saat berolahraga. Namun, entah itu minuman khusus ion, air kelapa, atau air biasa, semuanya bekerja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

5. Menurunkan Kolesterol dan lemak

Tidak seperti santan, air kelapa secara alami rendah gula, sodium, dan lemak, juga kaya potasium, magnesium dan bahkan kalsium.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 di Journal of Medicinal Food mengatakan bahwa air kelapa memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL buruk, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

 

Baca Juga: Tips : Ikan Asin Goreng Lebih Renyah Setelah Digoreng

 

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *