Mengatasi Pesan Error Pada Microsoft Excel

Info-anda.com – Bagi yang sering menggunakan Microsoft Excel terlebih yang baru menggunakannya, seringkali kita menemukan notifikasi kesalahan pada cell di excel. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan menjalankan fungsi atau rumus.

Untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa ada kesalahan, Microsoft Excel mempunyai “kode” khusus untuk menandai jenis kesalahan (error). Berikut ini beberapa pesan error yang umum kita temukan dalam menggunakan Microsoft Excel.

1. Pesan Error : #NAME?

Error tersebut terjadi karena Microsoft Excel tidak mengenal formula yang anda gunakan. Contoh lihat gambar di bawah ini :

Gambar di atas menunjukkan bahwa Error terjadi karena kesalahan mengetik fungsi,  yang seharusnya Fungsi SUM yang diketik adalah SMU. Sedangkan fungsi SMU tidak tersedia dan tidak dikenal oleh Microsoft Excel.

Solusi : Perbaiki tulisan fungsi atau formula yang salah, seperti gambar di bawah ini.

2. Pesan Error : ######

Error (kesalahan) ini terjadi karena kolom kurang lebar dari digit yang dibutuhkan oleh nilai pada cell. Contoh terlihat pada gambar di bawah :

Solusi : Lebarkan kolom A dengan menempatkan pointer pada garis kolom A lalu klik dan geser (klik and drag) ke kanan. Lihat gambar di bawah ini :

Solusi lain yang dapat anda gunakan dengan cara blok kolom pada kolom A lalu dengan meng-klik kanan pada mouse anda, maka akan muncul pilihan format dan pilih “Column Width” seperti gambar dibawah :

Setelah mengklik menu tersebut akan tampil form Column Width seperti di bawah ini.


Isi Column width dengan angka yang lebih besar dari sebelumnya, jika masih terjadi error tambahkan nilai column width lebih besar lagi.

3. Pesan Error : #VALUE?

Error ini terjadi karena salah dalam type data cell. Contoh dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Pada gambar di atas cell A4 merupakan hasil penjumlahan dari cell A1, A2, A3 dan A4, karena formula menggunakan operasi tambah (+) maka cell A1, A2, A3 dan A4 harus diisi dengan angka sedangkan nilai dari cell A3 bukan bertipe data angka maka terjadilah error.

Solusi : Inputlah nilai dari cell yang sesuai dengan tipe data yang diinginkan oleh formula atau rumus atau fungsi, pada contoh di atas isilah nilai cell A3 menjadi angka.

4. Pesan Error : #DIV/0!

Error ini terjadi jika sebuah formula pada excel melakukan pembagian angka dengan 0 (nol). contoh : = 87/0 seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini:

Solusi : Jangan melakukan operasi pembagian dengan angka 0 (nol) dan jika anda memang mengharuskan untuk membuat formula tersebut, buatlah sebuah fungsi agar error tersebut di kelola sesuai keinginan anda seperti contoh di bawah ini.


Dengan menambahkan fungsi if pada microsoft excel, pesan error pada microsoft excel tidak ditampilkan lagi. Fungsi lain juga dapat digunakan untuk handling error.

5. Pesan Error : #REF!

Pesan error ini terjadi karena referensi pada sebuah formula tidak ada lagi atau tidak sesuai. Untuk melihat contoh error #REF! buatlah sebuah tabel seperti di bawah ini.

Untuk kolom jumlah isilah dengan formula –> =C3 * D3. Kemudian hapuslah kolom D, dengan mengklik huruf D lalu klik kanan dan pilih delete seperti gambar di bawah ini.

Setelah anda menghapus satu kolom (kolom C) maka pada kolom jumlah akan tampil pesan error #REF!, seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini.


Solusi : Cek kembali cell referensi kemudian konfirmasi ulang pada formula tersebut.

6. Pesan Error #N/A
Pesan ini terjadi karena kesalahan dalam menggunakan fungsi referensi Vlookup dan Hlookup. Solusi : Lihat kembali penulisan variabel vlookup value, apakah penulisannya sudah benar dan tipe data sesuai dengan yang ada pada tabel referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *